Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016


  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
  3. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini.
  4. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  5. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 50KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
  6. NoDokumenFormat
    1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
    2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
    5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) *.pdf
    6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
    *.pdf
    7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
    Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
    *.pdf
    8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
    Khusus spesialis FK diganti dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih minimal 4 bulan saat mulai pendidikan. Surat perpanjangan STR tidak berlaku.
    *.pdf
    9 Syarat khusus:
    • Pelamar S2:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
      2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
    *.pdf
    10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini) *.pdf
  7. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat


  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
  3. Khusus pelamar BPPDN (Dosen, Tendik dan Calon Dosen), harus mendaftar terlebih dahulu secara online di beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ sebelum mendaftar di UGM.
  4. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana UGM dilakukan secara online disini.
  5. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  6. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 50KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
  7. NoDokumenFormat
    1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
    2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
    5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) *.pdf
    6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
    *.pdf
    7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
    Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
    *.pdf
    8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
    Khusus spesialis FK diganti dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih minimal 4 bulan saat mulai pendidikan. Surat perpanjangan STR tidak berlaku.
    *.pdf
    9 Syarat khusus:
    • Pelamar S2:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
      2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
    *.pdf
    10
    1. Surat penugasan dari instansi bagi Dosen dan Calon Dosen berstatus PNS atau Non PNS (format lampiran 2a dan 2b pada panduan BPPDN Dosen 2015)
    2. Surat penugasan dari instansi bagi Tendik yang sudah bekerja dan surat perjanjian Tendik dengan BPPDN (format lampiran 2 dan 3 pada panduan BPPDN Tendik 2015)
    *.pdf
  8. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Update terakhir : 12 Mei 2015 13:52:25 WIB