Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Genap T.A. 2015/2016


  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik disini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online disini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
    • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online:
  4. NoDokumenFormat
    1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
    2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
    4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
    5 Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*) *.pdf
    6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
    5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen
    *.pdf
    7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
    Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
    *.pdf
    8 Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
    9 Syarat khusus:
    • Pelamar S2:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
      2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
    *.pdf
    10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini) *.pdf
  5. Membayar biaya pendaftaran paling lambat 2 (dua) hari setelah proses penguncian data melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  6. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Update terakhir : 11 Pebruari 2016 10:01:16 WIB