Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi (PBUSMAK SV) T.A. 2016/2017


PBSMAK SV 2016

Jalur seleksi ini merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK/MAK melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) untuk siswa kelas akselerasi, dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.


  • Syarat Umum
    1. Pada Tahun Ajaran 2015/2016 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
    2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
    3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

  • Syarat Khusus
    1. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    2. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      3. Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur PBUSMAK SV berhak untuk memilih 2 (dua) program studi pilihan berdasar skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata. Pendaftaran tidak akan diproses jika perubahan biodata maupun susulan dokumen dilakukan setelah pendaftar mengunci data pendaftaran (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen berwarna dan harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh).
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. (unduh format surat) *.pdf
4. Surat Kesanggupan Pembiayaan. (unduh format surat) *.pdf
5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi. *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
17 Maret 2016 - 12 Mei 2016 18 Maret 2016 - 14 Mei 2016 25 Mei 2016

Update terakhir : 25 April 2016 14:26:19 WIB