Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi (PBUTM SV) T.A. 2016/2017


PBUTM SV 2016

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) (bagi SMK empat tahun) atau hingga semester 4 (empat) untuk siswa kelas akselerasi, dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.


  • Syarat Umum
    1. Pada tahun ajaran 2015/2016 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
    2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
    3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
  • Syarat Khusus
    1. Siswa yang diusulkan merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    2. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
    3. Pengusulan disertai dengan mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      3. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
      4. Kartu Keluarga (C1).
      5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
      6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
      7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet dan pembayaran PBB (bila ada, untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 10.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata. Pendaftaran tidak akan diproses jika perubahan biodata maupun susulan dokumen dilakukan setelah pendaftar mengunci data pendaftaran (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).
  2. bagi siswa SMK 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh).
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. (unduh format surat) *.pdf
4. Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada). *.pdf
5. Kartu Keluarga (C1). *.pdf
6. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi. *.pdf
7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). *.pdf
8. Foto rumah tampak depan. *.pdf
9. Foto tempat belajar. *.pdf
10. Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
11. Tagihan listrik (tiga bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB (jika ada). *.pdf
12 Tagihan air dan tagihan internet (tiga bulan terakhir; jika ada). *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
17 Maret 2016 - 12 Mei 2016 18 Maret 2016 - 14 Mei 2016 25 Mei 2016

Update terakhir : 25 April 2016 14:21:15 WIB