Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Syarat Pendaftar Program Pascasarjana

 

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2017/2018

 

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program pendidikan dokter spesialis Fakultas Kedokteran UGM

1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.
2. Sertifikat kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonesia, untuk lulusan dokter mulai tahun 2007
3. Ijazah S1 dan Dokter
4. Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IP Komulatif (S1 dan Dokter) sebagai berikut:
  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

** Perhitungan IPK = Jumlah nilai S1 + Jumlah nilai Profesi
                                  Jumlah SKS S1 + Jumlah SKS Profesi

5. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN PT/LamPTKes.
6. Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*)
7. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.
8. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
9. Surat Rekomendasi dari IDI setempat
10. Mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Umum yang masih berlaku minimal 4 bulan setelah mulai pendidikan (misalkan mulai pendidikan 1 Juli  STR harus masih berlaku sampai 31 Oktober, atau mulai pendidikan  1 Januari, STR harus masih berlaku sampai 30 April,
  1. Tidak menerima surat keterangan perpanjangan STR.
  2. Tidak berlaku STR Internship
11. Surat Keterangan PTT selama 1 tahun/surat keterangan pengalaman bekerja dari instansi minimal 1 tahun/ surat keterangan internship 1 tahun
12. Surat ijin belajar dari instansi asal, khusus untuk PNS minimal dari BKD setempat (format dapat diunduh di sini)
13. Untuk Peserta kemitraan dari Pemerintah Daerah/Rumah Sakit/instansi lain /LPDP/Tugas Belajar Kementrian Kesehatan, Mempunyai bukti kemitraan dari instansi yang telah disahkan, khusus untuk Tugas Belajar Kementrian Kesehatan pemberitahuan Saudara dinyatakan lolos seleksi administasi dari Kementrian Kesehatan
14.

Batas usia peserta maksimal dihitung saat mulai pendidikan (1 Juli atau 1 Januari)

No Program Studi Batas Usia maksimal (tahun)
1. Ilmu Kesehatan Anak 35
2. Ilmu Bedah 35
3. Orthopedi dan Traumatologi 35
4. Ilmu Bedah Anak 35
5. Ilmu Penyakit Dalam 35
6. Obstetri dan Ginekologi 35
7. Anestesiologi dan Terapi Intensif 35
8. Ilmu Kedokteran Forensik & Medikolegal 40
9. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin 35
10. Ilmu Kesehatan Mata 35
11. Ilmu Kedokteran Jiwa 40
12. Radiologi 40
13. Neurologi 35
14. Ilmu Kesehatan THT-KL 35
15. Patologi Anatomi 40
16. Patologi Klinik 40
17. Urologi 35
18. Kardiologi 35
19. Mikrobiologi Klinik 40
20. Bedah Saraf 35
15. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis (format dapat diunduh di sini)
* Informasi lebih lanjut mengenai program Spesialis Fakultas Kedokteran silakan buka dilaman http://ppds.fk.ugm.ac.id/

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Genap T.A. 2016/2017

 

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:

1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.
2.

Ijazah asli atau  foto copy Ijazah yang telah dilegalisir. Ijazah S1 atau yang setara dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti.

  1. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
3. Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir
4.

Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau yang setara, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan  surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  3. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5.

Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
  2. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
  3. Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI)
6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen.
7.

Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

8. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
9. Syarat khusus:
  1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
10. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Genap T.A. 2016/2017

 

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program doktor dalam bidang studi yang sama atau linier dengan bidang studi tingkat pendidikan sebelumnya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:

1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.
2.

Ijazah asli atau  foto copy Ijazah yang telah dilegalisir. Ijazah S2 dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti.

  1. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
3. Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir
4.

Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku.
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI, bukan  surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  3. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
    Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5.

Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
  2. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
  3. Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI)
6. Mempunyai sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.
7.

Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

8. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
9.

Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini).
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar
10. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)
Update terakhir : 6 Maret 2017 16:20:30 WIB