Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Genap T.A. 2017/2018


  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui adanya syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi. klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
    • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  4. NoDokumenFormat
    1) Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera). *.jpg
    2) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya yang asli atau fotocopi yang telah dilegalisir *.pdf
    3) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya yang asli atau fotocopi yang telah dilegalisir (semua halaman) *.pdf
    4) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
    5)

    Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini).:

    1. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, contoh sertifikat klik disini.
    2. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, contoh sertifikat klik disini.
    3. Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI), contoh sertifikat klik disini.
    *.pdf
    6) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat klik disini.
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, contoh sertifikat klik disini.
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat klik disini.
    5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen, contoh sertifikat klik disini.
    *.pdf
    7)

    Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
    Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.

    *.pdf
    8) Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    9) Syarat Lain:
    1. Pelamar S2:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
      2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    2. Pelamar S3:
      1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
      2. Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
    *.pdf
  5. Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  6. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  7. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Update terakhir : 7 November 2017 16:45:42 WIB