Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi (PBUTM SV) T.A. 2017/2018


PBUTM SV 2017

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat), dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.


  • Syarat Umum
    1. Pada tahun ajaran 2016/2017 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/MAK/SMK.
    2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau nilai rapor semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
    3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
  • Syarat Khusus
    1. Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
    2. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
    3. Pengusulan disertai dengan mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun. Atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
      3. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
      4. Kartu Keluarga (C1).
      5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
      6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
      7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet dan pembayaran PBB (bila ada, untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 10.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata. Pendaftaran tidak akan diproses jika perubahan biodata maupun susulan dokumen dilakukan setelah pendaftar mengunci data pendaftaran (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen asli dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).
  2. bagi siswa SMK 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh).
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. (unduh format surat) *.pdf
4. Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada). *.pdf
5. Kartu Keluarga (C1). *.pdf
6. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi. *.pdf
7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). *.pdf
8. Foto rumah tampak depan. *.pdf
9. Foto tempat belajar. *.pdf
10. Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
11. Tagihan listrik (tiga bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB (jika ada). *.pdf
12 Tagihan air dan tagihan internet (tiga bulan terakhir; jika ada). *.pdf

Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
14 Maret 2017 - 10 April 2017 15 Maret 2017 - 12 April 2017 28 April 2017

Update terakhir : 17 Maret 2017 16:30:33 WIB