Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Genap TA 2018/2019


  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  4. NoDokumenFormat
    (1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
    (2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
    (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
    (4)

    Sertifikat hasil tes potensi akademik dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini).:

    1. Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    2. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    3. Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)*, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    *) Khusus semester Genap TA 2018/2019 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

    *.pdf
    (5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    2. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    3. International English Testing System (IELTS)* dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    4. Internet-Based (iBT) TOEFL* dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    5. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL* dari institusi yang diakui oleh IIEF, contoh sertifikat dan jadwal tes klik disini.
    *) Khusus semester Genap TA 2018/2019 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    *.pdf
    (6)

    Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah.
    Khusus pendaftar Program Spesialis FKKMK diganti dengan Rekomendasi IDI.

    *.pdf
    (7) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (8) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
    (9) Proyeksi Keinginan
    1. Pendaftar Program Magister :
    2. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
    3. Pendaftar Program Doktor : Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, rencana setelah selesai kuliah, dan calon promotor yang sudah dihubungi (format dapat diunduh di sini)
    *.pdf
    (10) Dokumen Lain:
    1. Pendaftar Program Magister :Draft Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    2. Pendaftar Program Doktor : Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
     
  5. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  6. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  7. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Update terakhir : 17 Desember 2018 16:35:42 WIB