Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi (PBUTM SV) T.A. 2018/2019


PBUTM SV 2018

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat), dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.


  • Syarat Umum
    1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2017/2018.
    2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).
    2. Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
    3. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun, atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat);
      3. Bukti prestasi terbaik yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada);
      4. Kartu Keluarga (C1);
      5. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali. Bagi pegawai negeri atau swasta disahkan oleh Bendahara Gaji Pegawai, bagi pekerja sektor informal/wiraswata disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali;
      6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu);
      7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, masing-masing untuk tiga bulan terakhir, dan pembayaran PBB (apabila ada). Jika listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran per bulan.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp10.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mengunci data (submit). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen berikut ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen asli yang dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat)
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk masing-masing pendaftar (unduh format surat) *.pdf
3. Piagam Kejuaraan/Sertifikat yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada) *.pdf
4. Kartu Keluarga (C1) *.pdf
5. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi *.pdf
6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu) *.pdf
7. Foto rumah tampak depan *.pdf
8. Foto tempat belajar *.pdf
9. Foto bersama anggota keluarga *.pdf
10. Tagihan listrik tiga bulan terakhir atau surat keterangan pengeluaran biaya tersebut per-bulan ditandatangani RT/RW dan bukti pembayaran PBB (apabila ada) *.pdf
11 Tagihan air dan tagihan internet, masing-masing untuk tiga bulan terakhir (apabila ada) *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
2 April 2018—9 Mei 2018 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 28 Mei 2018

Update terakhir : 26 Maret 2018 14:10:12 WIB