Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan Sekolah Vokasi (PBUK SV) T.A. 2018/2019


PBUK SV 2018

Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda), institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah. Program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan dengan UGM mensyaratkan perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM.

Pendaftar yang berasal dari luar instansi yang disebutkan di bawah ini tidak akan diverifikasi. Berikut ini adalah daftar instansi yang melakukan perjanjian kerja sama kemitraan dengan UGM di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dibuktikan dengan Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama yang masih berlaku yaitu:

No
Nama Mitra
1
Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung
2
Pemerintah Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu
3
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur
4
Pemerintah Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah
5
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau
6
Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau
7
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi NAD
8
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatra Utara
9
Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara
10
Pemerintah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
11
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
12
Pemerintah Provinsi Riau
13
PT Bank Negara Indonesia Tbk
14
PT Semen Indonesia Tbk
15
Sugar Group Companies
16
Yayasan Pendidikan Cendana-PT Chevron
17
Yayasan Pertamina (Pertamina Foundation)
18
Yayasan Pupuk Kaltim
19
Yayasan Pendidikan Vidatra-PT Badak LNG
20
PT Bank Mandiri Tbk
21
Badan SAR Nasional
22
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

  • Syarat Umum
    1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2017/2018.
    2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar harus diusulkan oleh mitra yang bekerja sama dengan UGM (ditunjukkan dengan Perjanjian Kerja Sama yang masih berlaku).
    2. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat)
      3. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar:
        • biaya pendidikan sampai selesai;
        • Kontribusi Subsidi Silang (KSS)
      4. Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUK berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mengunci data (submit). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen berikut ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen asli yang dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat)
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk masing-masing pendaftar ( unduh format surat) *.pdf
3. Surat Rekomendasi dari mitra. (unduh format surat) *.pdf
4. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan yang terdiri dari biaya pendidikan dan Kontribusi Subsidi Silang (KSS) sampai selesai. (unduh format surat) *.pdf
5. Rencana kerja sama/kegiatan di luar bidang pendidikan (misalnya penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM di masa yang akan datang *.pdf
6. Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
2 April 2018—9 Mei 2018 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 28 Mei 2018

Update terakhir : 8 Mei 2018 15:51:06 WIB