Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Program Profesi Insinyur T.A. 2018/2019

 

Program Profesi merupakan satu kesatuan utuh program pendidikan tahap akademik dan tahap profesi bagi mahasiswa pada beberapa program studi di UGM. Program ini wajib diikuti oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar keprofesiannya.

Pendaftaran dilakukan 2 (dua) kali setahun yaitu setiap awal semester Gasal dan awal semester Genap.

 


  1. Mempunyai Ijazah asli atau  foto copy Ijazah yang telah dilegalisir.:
    1. Sarjana Teknik, atau
    2. Sarjana Terapan Bidang Teknik (D4), atau
    3. Sarjana Pendidikan Bidang Teknik, atau
    4. Sarjana Sains
  2. Mempunyai Transkrip akademik jenjang sarjana yang sah dan legal.
  3. Telah memiliki pengalaman kerja, bagi:
    1. Sarjana Teknik atau Sarjana Bidang Teknik (D4), memiliki pengalaman kerja dalam Praktik Keinsinyuran minimal 2 (dua) tahun.
    2. Sarjana Pendidikan Bidang Teknik atau Sarjana Sains, memiliki pengalaman kerja dalam Praktik Keinsinyuran minimal 5 (lima) tahun.
  4. Mempunyai Surat Keterangan Sehat dari Dokter;
  5. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang berwarna putih ukuran 3X4, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.
  6. Mempunyai sertifikat akreditasi program studi pada jenjang sarjana:
    1. Bagi yang lulus sarjana sebelum tahun 2010 (terakhir 31 Desember 2009) menggunakan status akreditasi saat ini.
    2. Bagi yang lulus sarjana sesudah tahun 2010 (mulai 1 Januari 2010) menggunakan akreditasi saat lulus.
    Nb: Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT.
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,-

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik disini.
  2. Melakukan pendaftaran secara online disini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
    • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online:
  3. No Dokumen Format
    1. Pas foto berwarna (6 bulan terakhir), berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
    2. Ijazah asli atau  foto copy Ijazah yang telah dilegalisir. *.pdf
    3. Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal. *.pdf
    4. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
    5. Sertifikat akreditasi Program Studi S1 (sesuai info di persyaratan). *.pdf
    6. Surat keterangan pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran (sesuai info di persyaratan). *.pdf
  4. Mencetak kode bayar *) kemudian membayar biaya pendaftaran. Petunjuk pembayaran klik disini.
  5. Mencetak bukti pendaftaran setelah mendapatkan status pembayaran. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program profesi.
  6. Mengirimkan semua dokumen yang diunggah beserta bukti pendaftaran ke sekretariat PSPPI FT UGM (silakan lihat di jadwal seleksi).
  Alamat : Sekretariat PSPPI FT UGM
Gd. Magister Teknik Sistem Lt-1
Jl. Teknika Utara No. 3, Yogyakarta 55281
Telp. 0274-631182
WA/Telegram/Line 0811-2646-603

*) kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata. Pendaftaran tidak akan diproses jika perubahan biodata maupun susulan dokumen dilakukan setelah pendaftar mengunci data pendaftaran (submit) dan memperoleh kode pembayaran.

Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

NoDokumen yang diunggahFormat
1. Pas foto berwarna (6 bulan terakhir), berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
2. Ijazah Sarjana asli atau  foto copy Ijazah Sarjana yang telah dilegalisir. *.pdf
3. Transkrip akademik jenjang pendidikan Sarjana yang telah dilegalisir. *.pdf
4. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
5. Sertifikat akreditasi Program Studi S1 (sesuai info di persyaratan). *.pdf
6. Surat keterangan pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran (sesuai info di persyaratan).   *.pdf

Pendaftaran OnlinePembayaran Biaya Pendaftaran Penerimaan Dokumen Proses Seleksi Pengumuman Registrasi
15 November 2018 —11 Januari 2019 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 15 November 2018 —12 Januari 2019 14—18 Januari 2019 21 Januari 2019 Januari 2019

Update terakhir : 21 November 2018 14:12:26 WIB