Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) T.A. 2018/2019


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2018

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,- setiap bulannya). Peserta memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.


Syarat Umum
  1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2017/2018.
  2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
  3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Syarat Khusus
  1. Pendaftar yang diusulkan merupakan 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap pendaftar.
  2. Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi
  3. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
    1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
    2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
    3. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat);
    4. Kartu Keluarga (C1);
    5. Kartu SNMPTN (apabila ada);
    6. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali. Bagi pegawai negeri atau swasta disahkan oleh Bendahara Gaji Pegawai, bagi pekerja sektor informal/wiraswata disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali;
    7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu);
    8. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, masing-masing untuk tiga bulan terakhir, dan pembayaran PBB (apabila ada). Jika listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran per bulan.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi, urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mengunci data (submit). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 18 Juli 2018.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas):

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat);
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat); *.pdf
3. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat); *.pdf
4. Kartu Keluarga (C1); *.pdf
5. Kartu SNMPTN (apabila ada); *.pdf
6. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali. Bagi pegawai negeri atau swasta disahkan oleh Bendahara Gaji Pegawai, bagi pekerja sektor informal/wiraswata disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali; *.pdf
7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu); *.pdf
8. Foto rumah tampak depan; *.pdf
9. Foto tempat belajar; *.pdf
10. Foto bersama anggota keluarga; *.pdf
11. Tagihan listrik tiga bulan terakhir atau surat keterangan pengeluaran biaya tersebut per-bulan ditandatangani RT/RW dan bukti pembayaran PBB (apabila ada); *.pdf
12. Tagihan air dan tagihan internet, masing-masing untuk tiga bulan terakhir (apabila ada). *.pdf


Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pengumuman
9 April—2 Mei 2018
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
18 Juli 2018

Update terakhir : 5 April 2018 18:33:00 WIB