Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) T.A. 2018/2019


Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) 2018

Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah. Program kemitraan ini mensyaratkan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM. Mitra yang dimaksud dalam program ini adalah Pemda/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel dan sudah melakukan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 


  • Syarat Umum
    1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2017/2018.
    2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar diusulkan oleh mitra yang bekerja sama dengan UGM (ditunjukkan dengan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama yang masih berlaku).
    2. Pendaftar yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).
    3. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
      3. Surat Rekomendasi dari mitra;
      4. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar:
        • biaya pendidikan sampai selesai;
        • kontribusi subsidi silang
      5. Rencana kerja sama/kegiatan di luar bidang pendidikan (misalnya penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kapasitas institusi) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM di masa yang akan datang;
      6. Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku;
      7. Kartu Peserta SNMPTN 2018 (apabila mengikuti);
      8. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat).

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi, urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 18 Juli 2018.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas):

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat) *.pdf
3. Surat Rekomendasi dari mitra (unduh format surat) *.pdf
4. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai Perjanjian Kerja Sama (unduh format surat) *.pdf
5. Rencana kerja sama/kegiatan di luar bidang pendidikan (misalnya penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kapasitas institusi) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM di masa yang akan datang *.pdf
6. Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku *.pdf
7. Kartu Peserta SNMPTN 2018 (apabila mengikuti) *.pdf
8. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat) *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
9 April—2 Mei 2018 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 18 Juli 2018

 

Update terakhir : 5 April 2018 18:35:46 WIB