Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Ujian Tulis UGM (UTUL) T.A. 2018/2019


Ujian Tulis UGM 2018

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018, 2017, dan 2016 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

 


  • Syarat Umum
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2018, 2017, dan 2016.
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Syarat Khusus
    1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Lihat petunjuk pembayaran.
    KelompokBiaya Pendaftaran
    Soshum Rp.300.000,-
    Saintek Rp.300.000,-
    Campuran Rp.325.000,-
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.

Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

NoDokumen yang diunggahFormat
1. Scan Ijazah (untuk lulusan 2017 dan 2016) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2018) *.pdf
2. Scan KTP/Kartu Keluarga *.pdf

Pendaftaran Online
(berdasarkan pilihan lokasi ujian)
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Cetak Kartu Tes
Tes Tertulis
Pengumuman
Yogyakarta 21 Mei—25 Juni 2018
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
6 Juli 2018
8 Juli 2018
18 Juli 2018
Jakarta, Pekanbaru, Medan 11 Juni—25 Juni 2018

Materi tes tertulis:

  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek terdiri atas: Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia;
  2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA);
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum terdiri atas: Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.


Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM dilaksanakan di kota-kota berikut:

  1. Jakarta
  2. Pekanbaru
  3. Medan
  4. Yogyakarta

Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di luar Yogyakarta, dikenakan biaya verifikasi  sebesar Rp 225.000,-  (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah).

Berikut alamat, kontak dan nomor rekening Panlok di luar Yogyakarta :

Informasi

Jakarta

Pekanbaru

Medan

Nama Sekretariat

Kagama DKI Jakarta

Panlok UTUL Pekanbaru

Panlok UTUL Medan

Jadwal Pendaftaran

11—25 Juni 2018

11—25 Juni 2018

11—25 Juni 2018

Kuota Peserta

5.000

2.500

1.500

Alamat Sekretariat

Kampus UGM Jakarta, Gedung B Lantai 2
Jl. Dr. Saharjo No. 83, Tebet
Jakarta Selatan

Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Riau.
Jl. Patimura no. 4
Pekanbaru

Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP)
Kampus Medan
Jl. Willem Iskandar (Jl. Pancing), Medan.
Kode pos 20222.

No. Telepon

021-83702629

0853 4242 2626

Akan diinformasikan kemudian.

No. Fax

021-83702629

-

Email

utul.jkt@ugm.ac.id

utul.pku@ugm.ac.id

utul.medan@ugm.ac.id

Kontak

  1. Nama: Jumeri
    WA: 08174111578
  2. Nama: Fendi
    Telp: 08881781108
  3. Nama: Ardika
    Telp/WA: 087739102105
  4. Nama: ANISSA HAPSARI :
    Telp/WA: 087739586949

 

  1. Nama: Zulfachri

  1. Nama: Sisil Karunianingsih
    Telp: 081260988722
  2. Nama: Aries Sukariawan
    Telp: 08121584246

Pembayaran

Melalui transfer;
paling lambat 1 Juli 2018 Pukul 14.00 WIB dengan mencantumkan Nama dan No. Peserta
(Bukti bayar di email ke utul.jkt@ugm.ac.id)

Nama Bank : Mandiri
Nama Pemilik Rekening : KAGAMA DKI JAKARTA
No. Rekening : 122-00-0001020-0

Melalui transfer;
paling lambat 1 Juli 2018 Pukul 14.00 WIB dengan mencantumkan Nama dan No. Peserta
(Bukti bayar di email ke utul.pku@ugm.ac.id)

Nama Bank : Mandiri
Nama Pemilik Rekening : UGM Panlok PKU.
Dian Pramanasari
No. Rekening : 108-00-1481780-4

 

Melalui transfer;
paling lambat 1 Juli 2018 Pukul 14.00 WIB dengan mencantumkan Nama dan No. Peserta
(Bukti bayar di email ke utul.medan@ugm.ac.id)

Nama Bank : BNI
Nama Pemilik Rekening : PENGDA Kagama Sumut
No. Rekening : 2266881117

Jadwal Verifikasi

20 Juni—1 Juli 2018
(pukul 09.00—19.00 WIB)
setiap hari buka.

1 Juli—6 Juli 2018
(pukul 08.30—15.30 WIB)
setiap hari buka.

20 Juni—1 Juli 2018
(pukul 08.00—16.00 WIB)
Senin s.d. Jumat

Lokasi Verifikasi

Sekretariat KAGAMA DKI Jakarta.

Sekretariat UTUL UGM 2018 Panlok Pekanbaru
Jl. Patimura No. 4 Pekanbaru

Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP)
Kampus Medan
Jl. Willem Iskandar (Jl. Pancing), Medan.
Kode pos 20222.

Syarat verifikasi

Membawa :

  1. Kartu identitas (KTP/Kartu Keluarga)
  2. Bukti pendaftaran online (yang memuat nomor peserta)
  3. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  4. Bukti pembayaran biaya verifikasi
  5. Surat Keterangan Lulus (SKL)/Ijazah
Perhatian! Peserta yang telah memilih lokasi ujian dan mengunci data, tidak diperkenankan pindah lokasi ujian dengan alasan apapun.

Update terakhir : 11 Juni 2018 11:26:41 WIB