Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T) 2023

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T.
  • Syarat Umum
    1. tercatat sebagai siswa kelas kelas terakhir di SMA/SMK/MA/sederajat pada saat mendaftar;
    2. mempunyai nilai tuntas untuk semua mata pelajaran di  Semester 1-5 (nilai aspek pengetahuan lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal);
    3. termasuk siswa masuk peringkat 25% (dua puluh lima persen) terbaik di kelasnya;
    4. memiliki sertifikat sebagai juara dalam ajang prestasi yang diakui Puspresnas (apabila ada);
    5. mengikuti wawancara, apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi awal;
    6. bersedia mengikuti matrikulasi sebelum memulai kegiatan akademik, apabila dalam seleksi direkomendasikan untuk mengikuti matrikulasi; dan
    7. dibiayai oleh Mitra UGM dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Syarat Khusus
    1. berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) sebagaimana tercantum dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 218/UN1.P/KPT/HUKOR/2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah; (unduh SK)
    2. dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten) yang telah memiliki MoU dengan UGM pada bidang kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat);
    3. memilih Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah; dan
    4. memiliki surat rekomendasi dari KAGAMA, Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), Kepala Dinas Pendidikan setempat yang menyatakan:
      1. Pilihan Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah;
      2. kesanggupan untuk menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan selama Mahasiswa menempuh pendidikan di UGM, termasuk apabila diperlukan matrikulasi; dan,/li>
      3. dalam hal yang akan menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan adalah mitra non-Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), maka surat kesanggupan ini berasal dari mitra penanggung biaya.
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4), urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp275.000,00 (dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 15 Mei 2023.

Perhatian !

Teliti ulang seluruh isian data, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran
Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas) untuk keperluan verifikasi dokumen:
No
Dokumen yang diunggah
Format
 
1
Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
*.pdf
a. bagi siswa/siswi kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
b. bagi siswa/siswi SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
2
Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat);
*.pdf
3
Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (instansi/pemda/mitra) untuk membayar biaya hidup dan biaya pendidikan selama Mahasiswa menempuh pendidikan di UGM, termasuk apabila diperlukan matrikulasi, sesuai Perjanjian Kerja Sama (unduh format surat);
*.pdf
5
Surat Rekomendasi Kepala Dinas Pendidikan setempat (unduh format surat);
*.pdf
4
Surat Rekomendasi Pengda Kagama dan Pemda (unduh format surat);
 
Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pengumuman
28 Maret—17 April 2023 Pukul 15.00 WIB
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
15 Mei 2023
Informasi apa yang dapat kami bantu?