• Tentang UGM
  • Pendidikan & Pengajaran
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Pusat TI
  • Direktori
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Ujian Masuk
Universitas Gadjah Mada
  • Sarjana-Sarjana Terapan
    • Ragam Seleksi Sarjana dan Sarjana Terapan 2025
      • SNBP 2025
      • SNBT 2025
      • SELEKSI MANDIRI 2025
    • Program Studi dan Daya Tampung
    • Selektivitas Program Studi
    • Jadwal Seleksi
    • Uang Kuliah Tunggal (UKT) SNBP dan SNBT TA 2025/2026
    • UKT dan IPI Jalur UM UGM (PBU dan CBT) TA 2025/2026
    • Brosur Elektronik dan Video
  • PRORAM IUP
    • Deskripsi Program Internasional
    • Program Studi dan Informasi Laman
    • Selektivitas Program Studi
    • Jadwal Seleksi
    • Dokumen Penting
    • Brosur Elektronik dan Video
  • Pascasarjana
    • Ragam Seleksi
    • Persyaratan Pendaftaran
      • MAGISTER
      • Spesialis
      • Subspesialis
      • DOKTOR
    • Prosedur Pendaftaran
      • Magister
      • Spesialis
      • Subspesialis
      • Doktor
    • Program Studi
      • Magister
      • Spesialis dan Subspesialis
      • Doktor
    • Jadwal Seleksi
      • Magister dan Doktor
      • Spesialis dan Program Subspesialis
    • Video Turorial Pendaftaran
  • Profesi
    • Ragam Seleksi
    • Program Studi
    • Persyaratan Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
  • International Student
    • Information
    • Apply here
  • Q&A
  • Beranda
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2025

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2025

  • 15 March 2025, 08.07
  • Oleh: admin
  • 0
  • Pengertian
  • Persyaratan
  • Prosedur
  • Kelengkapan Dokumen
  • Jadwal Seleksi
Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi dan mempunyai prestasi, namun terkendala keterbatasan ekonomi.
  • Syarat Umum
    1. sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan);
    2. memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 (dua belas) atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah.
  • Syarat Khusus
    1. memiliki Kartu Indonesia Pintar atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial;
    2. pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya sebesar ≤ Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) per bulan;
    3. pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak sebesar Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan;
    4. pendidikan orang tua/wali penanggung biaya setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4);
    5. telah lulus SMA/MA/SMK/sederajat pada tahun berjalan;
    6. nilai pengetahuan dalam rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan program 4 (empat) tahun;
    7. direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk dalam 25% (dua puluh lima persen) siswa terbaik di kelasnya; dan
    8. memiliki sertifikat juara dalam kejuaraan tingkat provinsi (juara 1), nasional (juara 1, juara 2, atau juara 3), atau internasional (juara 1, juara 2, juara 3, atau finalis) dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM (juara 1, juara 2, atau juara 3) dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4), urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah) sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 19 Juli 2025.

Perhatian !

Teliti ulang seluruh isian data, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran
Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas) untuk keperluan verifikasi dokumen:
No
Dokumen yang diunggah
Format
1
Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
*.pdf
a. bagi siswa/siswi kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
b. bagi siswa/siswi SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
2
Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat);
*.pdf
3
Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA atau sederajat (maksimal 3 sertifikat juara terbaik yang dimiliki);
*.pdf
4
Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali/penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan tambahan lainnya) yang disahkan oleh: (unduh format surat)
*.pdf
a. Bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, seperti: PNS, TNI/POLRI, karyawan swasta, pensiunan;
b. Kepala Desa/Lurah bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta (mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir).
5
Kartu Keluarga;
*.pdf
6
Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bukti Pendaftaran KIP-K atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
*.pdf
 
Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pengumuman
6 Mei Pukul 15.00 WIB s.d. 10 Juni 2025 Pukul 15.00 WIB
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
19 Juli 2025

ugm residence

ugm residence



official_account_ugm


=>> Panduan Pendaftaran Program Double Degree/Joint Degree LPDP Tahun 2025 Tahap 2

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM
Jalan Pancasila (Boulevard), Bulaksumur,
Yogyakarta 55281, INDONESIA

Telepon: (62) 0274-6492626
WA Hotline: +628112941949
Email: umugm@ugm.ac.id
Facebook: facebook.com/admisiugm
Instagram: @admisiugm
Twitter: @admisiugm

SARJANA DAN SARJANA TERAPAN

  • Ragam Seleksi
  • Ragam Program Studi
  • Selektivitas Program Studi
  • Jadwal Seleksi
  • Brosur Elektronik dan Video
  • Uang Kuliah Tunggal (UKT) SNBP dan SNBT TA 2025/2026
  • UKT dan IPI Jalur UM UGM (PBU dan CBT) TA 2025/2026

PASCASARJANA

  • Ragam Seleksi
  • Program Magister
  • Program Doktor
  • Program Spesialis
  • Persyaratan Program Magister
  • Persyaratan Program Doktor
  • Jadwal Seleksi

PROFESI

  • Ragam Seleksi
  • Program Studi
  • Persyaratan Pendaftaran
  • Prosedur Pendaftaran

© Universitas Gadjah Mada

FacebookInstagramTwitter

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

Informasi apa yang dapat kami bantu?