• Tentang UGM
  • Pendidikan & Pengajaran
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Pusat TI
  • Direktori
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Ujian Masuk
Universitas Gadjah Mada
  • Sarjana-Sarjana Terapan
    • Ragam Seleksi Sarjana dan Sarjana Terapan 2025
      • SNBP 2025
      • SNBT 2025
      • SELEKSI MANDIRI 2025
    • Program Studi dan Daya Tampung
    • Selektivitas Program Studi
    • Jadwal Seleksi
    • Uang Kuliah Tunggal (UKT) SNBP dan SNBT TA 2025/2026
    • UKT dan IPI Jalur UM UGM (PBU dan CBT) TA 2025/2026
    • Brosur Elektronik dan Video
  • PRORAM IUP
    • Deskripsi Program Internasional
    • Program Studi dan Informasi Laman
    • Selektivitas Program Studi
    • Jadwal Seleksi
    • Dokumen Penting
    • Brosur Elektronik dan Video
  • Pascasarjana
    • Ragam Seleksi
    • Persyaratan Pendaftaran
      • MAGISTER
      • Spesialis
      • Subspesialis
      • DOKTOR
    • Prosedur Pendaftaran
      • Magister
      • Spesialis
      • Subspesialis
      • Doktor
    • Program Studi
      • Magister
      • Spesialis dan Subspesialis
      • Doktor
    • Jadwal Seleksi
      • Magister dan Doktor
      • Spesialis dan Program Subspesialis
    • Video Turorial Pendaftaran
  • Profesi
    • Ragam Seleksi
    • Program Studi
    • Persyaratan Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
  • International Student
    • Information
    • Apply here
  • Q&A
  • Beranda
  • Prosedur Pendaftaran Program Magister

Prosedur Pendaftaran Program Magister

  • 16 January 2025, 12.24
  • Oleh: admin
  • 0
  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
(1) Ijazah program pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik program pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi program pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI), Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes
*.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
*.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

*.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
    Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang berikutnya dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftarannya dapat dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

ugm residence

ugm residence



official_account_ugm


=>> Panduan Pendaftaran Program Double Degree/Joint Degree LPDP Tahun 2025 Tahap 2

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM
Jalan Pancasila (Boulevard), Bulaksumur,
Yogyakarta 55281, INDONESIA

Telepon: (62) 0274-6492626
WA Hotline: +628112941949
Email: umugm@ugm.ac.id
Facebook: facebook.com/admisiugm
Instagram: @admisiugm
Twitter: @admisiugm

SARJANA DAN SARJANA TERAPAN

  • Ragam Seleksi
  • Ragam Program Studi
  • Selektivitas Program Studi
  • Jadwal Seleksi
  • Brosur Elektronik dan Video
  • Uang Kuliah Tunggal (UKT) SNBP dan SNBT TA 2025/2026
  • UKT dan IPI Jalur UM UGM (PBU dan CBT) TA 2025/2026

PASCASARJANA

  • Ragam Seleksi
  • Program Magister
  • Program Doktor
  • Program Spesialis
  • Persyaratan Program Magister
  • Persyaratan Program Doktor
  • Jadwal Seleksi

PROFESI

  • Ragam Seleksi
  • Program Studi
  • Persyaratan Pendaftaran
  • Prosedur Pendaftaran

© Universitas Gadjah Mada

FacebookInstagramTwitter

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI

Lihat Jadwal Tes TPDA PLTI

Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM

Lihat Jadwal Tes PAPS

Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas

Lihat Jadwal Tes TPA Bappenas

Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM

Lihat Jadwal Tes AcEPT UGM

Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) PLTI

Lihat Jadwal Tes TOEP PLTI

Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS)

Lihat Jadwal Tes IELTS

Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL

Lihat Jadwal Tes (iBT) TOEFL

Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL

Lihat Jadwa Tes (ITP) TOEFL

Informasi apa yang dapat kami bantu?