Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu Sekolah Vokasi (PBUTM SV) TA 2019/2020


PBUTM SV 2019

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  1. Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;

Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, apabila memenuhi prestasi yang ditetapkan akan dievaluasi setiap tahun.


  • Syarat Umum
    1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2018/2019.
    2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
    3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).
    2. Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
    3. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK empat tahun, atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 40% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat);
      3. Bukti prestasi terbaik yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada);
      4. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali. Bagi pegawai negeri atau swasta disahkan oleh Bendahara Gaji Pegawai, bagi pekerja sektor informal/wiraswata disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 (enam) bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali;
      5. Kartu Keluarga (C1);
      6. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp10.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mengunci data (submit). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas sesuai jadwal yang ditentukan.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan scan dokumen berikut ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen asli yang dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat)
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk masing-masing pendaftar (unduh format surat) *.pdf
3. Piagam Kejuaraan/Sertifikat yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada) *.pdf
4.

Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan tambahan lainnya) yang disahkan oleh:

  1. Bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, seperti: PNS, TNI/POLRI, karyawan swasta, pensiunan;
  2. Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta (mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir).
*.pdf
5. Kartu Keluarga (C1) *.pdf
6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu) *.pdf


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
2—30 Mei 2019 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 28 Juni 2019

Update terakhir : 15 Mei 2019 15:45:30 WIB