Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) TA 2019/2020


Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2019

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  1. Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai rapor.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester dari UGM, apabila memenuhi prestasi yang ditetapkan akan dievaluasi setiap tahun.


Syarat Umum
  1. Pendaftar duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2018/2019.
  2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
  3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
  4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Syarat Khusus
  1. Pendaftar yang diusulkan merupakan 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 50% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap pendaftar.
  2. Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  3. Pendaftar memiliki dokumen sebagai berikut:
    1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
    2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 50% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
    3. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat);
    4. Sertifikat hasil UTBK;
    5. Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan tambahan lainnya) yang disahkan oleh:
      1. Bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, seperti: PNS, TNI/POLRI, karyawan swasta, pensiunan;
      2. Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta (mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir).
    6. Kartu Keluarga (C1);
    7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi, urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp25.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh setelah mengunci data (submit). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 28 Juni 2019.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Siapkan hasil pemindaian(scan) dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas):

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat);
*.pdf
2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat); *.pdf
3. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (apabila ada; maksimal 3 sertifikat); *.pdf
4. Sertifikat hasil UTBK; *.pdf
5.

Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan
tambahan lainnya) yang disahkan oleh:

  1. Bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, seperti: PNS, TNI/POLRI, karyawan swasta, pensiunan;
  2. Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta (mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir).
*.pdf
6. Kartu Keluarga (C1); *.pdf
7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). *.pdf


Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pengumuman
30 April—30 Mei 2019
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
28 Juni 2019

Update terakhir : 30 April 2019 23:07:03 WIB