Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) TA 2019/2020


Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) 2019

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi; sesuai program studi yang dipilih), Olahraga, dan Seni di tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara. Seleksi jalur ini yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai rapor.

Bidang Olahraga dan Seni pada jalur PBUB 2019 adalah:

klaster Olahraga klaster Seni

Atletik

Fotografi

Balap Sepeda

Marching Band

Bola Basket

MTQ, Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis

Bola Voli

Orchestra/Seni Musik

Bulutangkis

Paduan Suara/Seni Suara(Pop, Keroncong, Dangdut, dan Seriosa)

Bridge

Seni Tari dan Karawitan:
  • Gaya Yogya
  • Gaya Surakarta
  • Bali

Catur

Seni Rupa

Futsal

Teater

Hoki

 

Judo

 

Karate

 

Kempo

 

Panahan

 

Pencak Silat

 

Renang

 

Selam

 

Sepak Bola

 

Sepatu roda

 

Softball/Baseball

 

Taekwondo

 

Tenis Lapangan

 

Tenis Meja

 

Wushu

 


  • Syarat Umum
    1. Pendaftar klaster IPTEK adalah siswa yang duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2018/2019. Untuk klaster olahraga dan klaster seni dapat diikuti oleh lulusan 2018 dan siswa yang duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2018/2019.
    2. Pendaftar memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat).
    3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
    4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar mempunyai prestasi bidang olahraga, seni, dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi; sesuai program studi yang dipilih).
    2. Pendaftar merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat). Khusus untuk pendaftar klaster olahraga atau klaster seni merupakan 50% siswa terbaik di kelasnya.
    3. Pendaftar klaster seni bidang orchestra/seni musik/paduan suara/seni suara harus dapat membaca partitur.
    4. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
      1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi;
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa berprestasi;
      3. Sertifikat hasil UTBK;
      4. Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai;
      5. Surat Kesanggupan akan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai dengan jenis prestasi;
      6. Sertifikat/piagam kejuaraan yang dimenangkan selama jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 3 sertifikat prestasi terbaik). Kejuaraan yang dimaksud adalah:
        klaster IPTEK klaster Olahraga klaster Seni
        1. Juara lomba yang diselenggarakan oleh UGM;
        2. Juara lomba tingkat nasional dan/atau internasional yang diselenggarakan oleh institusi yang kredible;
        3. Juara dan finalis lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh International Mathematics Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Olympiad in Informatics (IOI), LIPI, dan Kemendikbud.
        4. Peserta kejuaraan beregu harus membuktikan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota Tim pada saat lomba.
        1. Juara I, II, III, IV, V atau Finalis kejuaraan internasional; atau
        2. Juara I, II, atau III kejuaraan resmi tingkat nasional; atau
        3. Juara I atau II kejuaraan resmi tingkat provinsi
        4. Peserta kejuaraan beregu harus membuktikan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota Tim pada saat lomba.
        1. Juara I, II, III, IV, V atau Finalis kejuaraan internasional; atau
        2. Pernah mengikuti pementasan/pameran/kegiatan tingkat internasional yang direkomendasi oleh Dewan Kesenian/Kebudayaan Daerah atau Lembaga yang berwenang; atau
        3. Juara I, II, III PORSENI/Festival Seni/MTQ, Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis tingkat nasional; atau
        4. Juara I atau II PORSENI/Festival Seni atau kegiatan sejenis tingkat provinsi.
        5. Peserta kejuaraan beregu harus membuktikan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota Tim pada saat lomba.


  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi, urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang disyaratkan, kemudian mengunci data (submit) untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini;
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Khusus pendaftar klaster Olahraga atau klaster Seni, wajib melihat hasil verifikasi berkas pada tanggal 14 Juni 2019 dan bagi yang dinyatakan lolos berkas, wajib mengikuti tes keterampilan pada tanggal 22 Juni 2019;
  6. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 28 Juni 2019.

Perhatian!

Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.


Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Pengumuman
30 April—30 Mei 2019 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 28 Juni 2019

Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas):

No Dokumen yang diunggah Format
1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima);
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh);
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
2. Piagam Kejuaraan/Sertifikat di bidang Olahraga, Seni, dan IPTEK. Sertifikat yang berlaku adalah sertifikat yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 3 sertifikat prestasi terbaik) *.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah klaster IPTEK (unduh format surat), klaster Olahraga dan Seni (unduh format surat) *.pdf
4. Surat Kesanggupan Pembiayaan (unduh format surat) *.pdf
5. Surat Kesanggupan akan aktif di UKM, khusus pendaftar klaster Olahraga dan klaster Seni (unduh format surat) *.pdf
6. Sertifikat hasil UTBK *.pdf
7. Video portofolio khusus pendaftar klaster Olahraga dan klaster Seni *.MP4 (Maks. 20 MB)
8.

Dokumen penyerta portofolio khusus pendaftar klaster olahraga dan klaster Seni dibuat dalam file slide presentasi powerpoint (template ppt file dapat diunduh disini) yang terdiri dari :

  1. Identitas Diri;
  2. Surat Keterangan Sehat (unduh format surat);
  3. Surat Pernyataan Keaslian Karya (unduh format surat);
  4. Karya 1 dan karya 2 (khusus klaster Seni: Fotografi dan Seni Rupa).
*.ppt

 

Dokumen portofolio diunggah pada akun pendaftaran di https://um.ugm.ac.id. Isi dokumen portofolio yaitu sebagai berikut:

  • Dokumen Karya

Berisikan 2 (dua) buah hasil foto/gambar yang merupakan karya asli/orisinil dan 1 video berisikan proses pembuatan masing-masing karya tersebut. Kedua gambar menggambarkan suasana atau kejadian yang melibatkan aktivitas manusia dalam lingkungannya. Ketentuan gambar adalah sebagai berikut:

  1. Gambar 1 dengan tema (pilih salah satu): gambar suasana demonstrasi buruh, atau suasana kecelakaan lalu lintas di jalan raya, atau suasana kebun binatang yang penuh pengunjung di hari libur.
  2. Gambar 2 dengan tema (pilih salah satu): gambar suasana dapur sebuah restoran/rumah makan, atau suasana perayaan ulang tahun teman SMA, atau suasana latihan upacara bendera di lapangan sekolah.
  3. Video berisi penjelasan proses pembuatan karya (dapat berupa suara siswa) dan memuat bagian-bagian penting dalam menghasilkan karya tersebut. Setiap video diawali dengan pengenalan diri meliputi: nama, tempat tanggal lahir, serta menyebutkan keterampilan dan prestasi terbaik yang pernah didapatkan dalam kurun 3 tahun terakhir.

Seluruh karya merupakan karya orisinil yang dibuat sendiri oleh siswa, bukan merupakan tiruan/jiplakan dari karya orang lain, serta bukan karya yang dibuat menggunakan bantuan pengolah gambar otomatis (automated generated-image) seperti Adobe Photoshop dan sejenisnya.

  • Dokumen Penyerta

Borang pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan karya gambar yang diunggah yang telah diisi lengkap, ditandatangani oleh siswa serta diketahui/ditandatangani/dibubuhi stempel oleh Kepala Sekolah (tempat siswa menempuh pendidikan). (unduh di sini)

  • Format Dokumen

Dua buah file video dibuat dalam format MP4 berukuran maksimal 20 MB. Dokumen (karya maupun penyerta) dibuat dalam format digital berbentuk file slide presentasi powerpoint (template ppt file dapat diunduh di disini.
 
 dengan susunan sebagai berikut:

  1. Halaman/slide pertama berisikan informasi data siswa (Nama, NISN, Tempat/Tanggal Lahir, Tinggi/Berat Badan, Asal Sekolah, dan menyebutkan ketrampilan dan prestasi terbaik yang dimiliki/diperoleh selama SMA/SMK/MA).
  2. Halaman/slide kedua berisikan berisikan surat keterangan kesehatan diisi lengkap, ditandatangani dan dibubuhi stempel institusi oleh tenaga kesehatan yang melakukan pemeriksaan.
  3. Halaman/slide kedua berisikan borang pernyataan keaslian/orisinalitas karya dan data (hasil pindai/scan), yang telah diisi lengkap, ditandatangani oleh siswa, serta diketahui, ditandatangani dan dibubuhi stempel oleh Kepala Sekolah.
  4. Halaman/slide keempat berisikan gambar karya ke-1 (hasil pindai/scan)
  5. Halaman/slide kelima berisikan gambar karya ke-2 (hasil pindai/scan)
  • Dokumen Karya

Berupa 1 (satu) buah rekaman video keterampilan yang dibuat secara khusus sebagai portofolio bidang seni, bukan hasil rekaman kegiatan pentas, atau pertunjukan umum lainnya. Setiap video diawali dengan pengenalan diri meliputi: nama, tempat tanggal lahir, serta menyebutkan keterampilan dan prestasi terbaik yang pernah didapatkan dalam kurun 3 tahun terakhir.
Rekaman tersebut berisi  penampilan individu, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. klaster marching band dan orchestra, yaitu rekaman keterampilan siswa dalam memainkan salah satu instrumen musik yang dikuasai.
  2. klaster paduan suara, yaitu rekaman siswa menyanyikan 1 (satu) lagu wajib/nasional tanpa iringan musik (hanya vokal saja). Lagu wajib/nasional yang dinyanyikan (pilih salah satu dari daftar berikut ini): Rayuan Pulau Kelapa (cipt. Ismail Marzuki), Serumpun Padi (cipt. Maladi), Kebyar-kebyar (cipt. Gombloh), Bangun Pemuda Pemudi (cipt. A. Simandjutak), Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (cipt. Sartono), Dari Sabang Sampai Merauke (cipt. R. Soerardjo), atau Pantang Mundur (cipt. Titiek Puspa). Lagu wajib/nasional hanya dinyanyikan 1 (satu) kali dengan durasi maksimal 3 (tiga) menit. Video merupakan penampilan asli dari peserta, bukan hasil lipsync atau penampilan yang dilakukan orang lain (stand-in).
  3. klaster seni tari dan karawitan, yaitu rekaman siswa memeragakan tari tunggal atau karawitan tradisional (alat musik atau vokal) yang dibawakan seorang diri oleh siswa  (dilarang memakai topeng ).
  4. klaster teater, rekaman penampilan monolog oleh siswa dengan atau tanpa membaca naskah. Rekaman video merupakan penampilan asli dari peserta, bukan hasil lipsync atau penampilan yang dilakukan orang lain (stand-in).
  5. klaster MTQ, Pesparawi, atau lomba keagamaan sejenis. Video merupakan penampilan asli dari peserta, bukan hasil lipsync atau penampilan yang dilakukan orang lain (stand-in).
  • Dokumen Penyerta

Borang pernyataan keaslian/orisinalitas atas informasi data dan karya rekaman yang diunggah yang telah diisi lengkap, ditandatangani oleh siswa serta diketahui/ditandatangani/dibubuhi stempel oleh Kepala Sekolah (tempat siswa menempuh pendidikan). (unduh di sini)

  • Format Dokumen

Seluruh dokumen (karya maupun penyerta diunggah dalam bentuk digital. File video rekaman penampilan dalam format MP4 berukuran maksimal 20 MB. Dokumen penyerta dibuat dalam bentuk file slide presentasi powerpoint (file template ppt dapat diunduh disini) dengan susunan sebagai berikut:

  1. Halaman/slide pertama berisikan informasi data siswa (Nama, NISN, Tempat/Tanggal Lahir, Tinggi/Berat Badan, Asal Sekolah, dan menyebutkan ketrampilan dan prestasi terbaik yang dimiliki/diperoleh selama SMA/SMK/MA).
  2. Halaman/slide kedua berisikan berisikan surat keterangan kesehatan diisi lengkap, ditandatangani dan dibubuhi stempel institusi oleh tenaga kesehatan yang melakukan pemeriksaan.
  3. Halaman/slide ketiga berisikan borang pernyataan keaslian/orisinalitas karya dan data (hasil pindai/scan), yang telah diisi lengkap, ditandatangani oleh siswa, serta diketahui, ditandatangani dan dibubuhi stempel oleh Kepala Sekolah.
  • Dokumen Video

Rekaman video keterampilan/teknik cabang olahraga yang dipilih siswa. Video menunjukkan demo ketrampilan teknik dasar dan demo ketrampilan bertanding/bermain. Video diawali dengan pengenalan diri meliputi: nama, tempat tanggal lahir, serta menyebutkan keterampilan dan prestasi terbaik yang pernah didapatkan dalam kurun 3 tahun terakhir.

  • Dokumen Kesehatan

Berupa borang isian yang memuat informasi:

  1. Kondisi fisik siswa: data antropometri (tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh/BMI, usia), data kondisi jantung (tekanan darah dan denyut nadi istirahat), serta data kesehatan mata (normal, silindris, juling, minus, atau plus).
  2. Riwayat penyakit yang pernah diderita (jika ada).
  3. Pernyataan sehat atau tidak sehat, serta catatan atas pertimbangan khusus kesehatan siswa (jika ada).

Format keterangan kesehatan wajib diisi dan ditandatangani oleh tenaga kesehatan, serta dibubuhi stempel institusi fasilitas kesehatan yang melakukan pemeriksaan. (unduh di sini)

  • Dokumen Penyerta

Salinan hasil pindai (scan) dari lembaran piagam, sertifikat, surat penghargaan, plakat, atau piala atas raihan prestasi tertinggi siswa dalam satu cabang olahraga; dilengkapi dengan salinan hasil pindai dan/atau foto digital mendapat pengesahan dari KONI atau pengurus cabang olahraga terkait atau fotocopi sertifikat yang telah dilegalisir oleh KONI atau pengurus cabang olahraga terkait.

  • Format Dokumen

Seluruh dokumen diunggah dalam bentuk digital. Satu buah file video keterampilan/teknik cabang olahraga yang dikuasai siswa dalam format MP4 berukuran maksimal 20 MB. Dokumen penyerta dibuat dalam bentuk file slide presentasi powerpoint (file template ppt dapat diunduh disini) dengan susunan sebagai berikut:

  1. Halaman/slide pertama berisikan informasi data siswa (Nama, NISN, Tempat/Tanggal Lahir, Tinggi/Berat Badan, Asal Sekolah, dan menyebutkan ketrampilan dan prestasi terbaik yang dimiliki/diperoleh selama SMA/SMK/MA/Sederajat).
  2. Halaman/slide kedua berisikan berisikan surat keterangan kesehatan diisi lengkap, ditandatangani dan dibubuhi stempel institusi oleh tenaga kesehatan yang melakukan pemeriksaan
  3. Halaman/slide ketiga berisikan borang pernyataan keaslian/orisinalitas karya dan data (hasil pindai/scan), yang telah diisi lengkap, ditandatangani oleh siswa, serta diketahui, ditandatangani dan dibubuhi stempel oleh Kepala Sekolah.

Update terakhir : 30 April 2019 15:24:03 WIB