Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Spesialis Semester Gasal TA 2020/2021


  1. Silakan menghubungi sekretariat PPDS FKKMK UGM atau buka di laman http://ppds.fk.ugm.ac.id/ untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi (termasuk minat utama subspesialis).
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  4. NoDokumenFormat
    (1) Ijazah pendidikan terakhir; *.pdf
    (2) Transkrip nilai pendidikan terakhir (semua halaman, memuat IPK); *.pdf
    (3) Sertifikat akreditasi program studi dari LAMPTKes; *.pdf
    (4)

    Hasil tes potensi akademik sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:


    Ketentuan untuk tes potensi akademik sebagai berikut:
    1. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, menunggah hasil pindai sertifikatnya;
    2. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kadaluwarsa, menunggah hasil pindai sertifikat yang dimiliki dan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan (dijadikan 1 file dengan sertifikatnya);
    3. Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat, mengunggah hasil pindai Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan.

    Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan dapat diunduh di sini.
    *.pdf
    (5)

    Hasil tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    Ketentuan untuk tes kemampuan Bahasa Inggris sama dengan poin 4.



    *.pdf
    (6)

    Sertifikat kompetensi;

    *.pdf
    (7)

    Surat Rekomendasi dari IDI setempat;

    *.pdf
    (8)

    Surat Tanda Registrasi (STR);

    *.pdf
    (9) Surat Keterangan Pengalaman Klinik; *.pdf
    (10) Surat ijin mengikuti seleksi penerimaan dari instansi, khusus untuk ASN minimal dari BKD setempat (format dapat diunduh di sini); *.pdf
    (11) Surat keterangan beasiswa atau surat kesanggupan membayar dari instansi (format dapat diunduh di sini), khusus untuk program kemitraan bagi pendaftar LPDP menggunakan screenshot hasil seleksi LPDP; *.pdf
    (12) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis (format dapat diunduh di sini). *.pdf
    (13) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  5. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  6. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    Pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  7. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program spesialis.

  1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  2. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  3. No Dokumen Online Dikirim
    (1) Ijazah pendidikan S1 dan Dokter Gigi; *.pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
    (2) Transkrip nilai pendidikan S1 dan Dokter Gigi; *.pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
    (3) Daftar Riwayat Hidup;   Fotokopi 2 rangkap
    (4) Sertifikat akreditasi program studi; *.pdf Fotokopi 2 lembar
    (5)

    Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat);

    Sehubungan dengan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan Nomor 1690/UN1.P.I/SET-R/KR/2020 tentang Kebijakan Proses Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan dalam rangka Pembatan Maksimal Kegiatan di Kampus pada masa Tanggap Darurat COVID-19 <<unduh di sini>> Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat sebagaimana tersebut di atas wajib mengunggah Surat Kesediaan Memenuhi Persyaratan <<unduh di sini>>

     

    *.pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
    (6)

    Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat);

    Sehubungan dengan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan Nomor 1690/UN1.P.I/SET-R/KR/2020 tentang Kebijakan Proses Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan dalam rangka Pembatan Maksimal Kegiatan di Kampus pada masa Tanggap Darurat COVID-19 <<unduh di sini>> Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat sebagaimana tersebut di atas wajib mengunggah Surat Kesediaan Memenuhi Persyaratan <<unduh di sini>>



    *.pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
    (7) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis (format dapat diunduh di sini); *.pdf

    Fotokopi 2 rangkap

    (8) Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja; *.pdf Fotokopi 2 lembar
    (9)

    Pendaftar untuk Prodi Ortodonsia, Prodi Konservasi Gigi dan Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial minimal selama satu tahun mempunyai pengalaman kerja klinik dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja;

      Fotokopi 2 lembar
    (10)

    Pendaftar untuk Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial, pada saat seleksi usia maksimal calon mahasiswa 35 tahun;

       
    (11) Surat Keterangan Berbadan Sehat (tidak wajib); *.pdf Fotokopi 2 lembar
    (12) Surat Keterangan Catatan Kepolisian. *.pdf Fotokopi 2 lembar
  4. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  5. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    Pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  6. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program spesialis.
Update terakhir : 31 Maret 2020 07:25:21 WIB