Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Syarat Pendaftar Program Spesialis Semester Gasal TA 2020/2021

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM adalah sebagai berikut:

1.
  • Spesialis : Ijasah S1 kedokteran dan ijasah/sertifikat profesi dokter
  • Subspesialis : Ijasah/sertifikat profesi dokter dan ijasah dokter spesialis
2.
  • Spesialis : Transkrip nilai pendidikan S1 dan Dokter dengan IPK:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C
  • Subspesialis :
    Transkrip asli dokter spesialis, IPK ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A / B
3. Sertifikat atau screenshot akreditasi program studi dari LAMPTKes;
4. Hasil tes potensi akademik sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:
Jenis Keterangan
PAPs UGM
TPDA PLTI


Ketentuan untuk tes potensi akademik sebagai berikut:
  1. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, menunggah hasil pindai sertifikatnya;
  2. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kadaluwarsa, menunggah hasil pindai sertifikat yang dimiliki dan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan (dijadikan 1 file dengan sertifikatnya);
  3. Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat, mengunggah hasil pindai Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan.

Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan dapat diunduh di sini.
5.

Hasil tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:

Jenis* Keterangan
AcEPT UGM
TOEP PLTI

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

Ketentuan untuk tes kemampuan Bahasa Inggris sama dengan poin 4.

6.
  • Spesialis : Sertifikat Kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonesia dan nilai ujian kompetensi berlaku untuk lulusan dokter mulai tahun 2007
  • Subspesialis : Surat rekomendasi dari masing-masing kolegium dokter spesialis  atau dari kolegium dokter spesialis konsultan atau sertifikat kompetensi dari masing-masing kolegium dokter spesialis yang masih berlaku
7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal pendaftar pada jenjang pendidikan sebelumnya, misalnya Dosen Pembimbing Akademik, Dosen lainnya atau atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
8.
  • Spesialis : Surat rekomendasi IDI cabang
  • Subspesialis : Surat rekomendasi dari masing-masing PDS (Perhimpunan Dokter Spesialis) cabang atau UKK (Unit Kelompok Kerja)
9. Surat Tanda Registrasi (STR);
10.
  • Spesialis : Surat keterangan:
    1. selesai PTT atau;
    2. pengalaman klinik minimal 1 tahun atau;
    3. selesai internship.
  • Subspesialis : Surat keterangan selesai program pendayagunaan dokter spesialis (dahulu dikenal sebagai WKDS) atau pengalaman klinik minimal 1 tahun dalam pelayanan (syarat khusus dapat dilihat di Subspesialis masing-masing)
11. Surat ijin mengikuti seleksi penerimaan dari instansi, khusus untuk ASN minimal dari BKD setempat (format dapat diunduh di sini);
12. Surat keterangan beasiswa atau surat kesanggupan membayar dari instansi (format dapat diunduh di sini), khusus untuk program kemitraan bagi pendaftar LPDP menggunakan screenshot hasil seleksi LPDP;
13.

Batas usia peserta maksimal dihitung saat mulai pendidikan (1 Juli atau 1 Januari), informasi lebih lanjut silakan cek di laman https://ppds.fk.ugm.ac.id/

14. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis (format dapat diunduh di sini)
15. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen.

Program Studi/Fakultas dapat menentukan standar IPK, tes potensi akademik, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas.

Informasi persyaratan lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan, atau buka di laman http://ppds.fk.ugm.ac.id/ .

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi UGM adalah sebagai berikut:

1.

Ijazah pendidikan S1 dan Dokter Gigi;

2. Transkrip nilai pendidikan S1 dan Dokter Gigi, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Daftar Riwayat Hidup
4.

Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
5. Hasil tes potensi akademik sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:
Jenis Keterangan
PAPs UGM
TPDA PLTI

Ketentuan untuk tes potensi akademik sebagai berikut:
  1. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, menunggah hasil pindai sertifikatnya;
  2. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kadaluwarsa, menunggah hasil pindai sertifikat yang dimiliki dan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan (dijadikan 1 file dengan sertifikatnya);
  3. Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat, mengunggah hasil pindai Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan.

Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan dapat diunduh di sini.
6. Hasil tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:
Jenis Keterangan
AcEPT UGM
TOEP PLTI

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

Ketentuan untuk tes kemampuan Bahasa Inggris sama dengan poin 4.

7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal pendaftar pada jenjang pendidikan sebelumnya, misalnya Dosen Pembimbing Akademik, Dosen lainnya atau atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
8. Syarat khusus:
  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dengan dilengkapi fotokopi bukti daftar.
9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
10. Pendaftar untuk Prodi Ortodonsia, Prodi Konservasi Gigi dan Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial minimal selama satu tahun mempunyai pengalaman kerja klinik dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja;
11. Pendaftar untuk Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial, pada saat seleksi usia maksimal calon mahasiswa 35 tahun;
12. Surat Keterangan Berbadan Sehat (tidak wajib);
13. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
Update terakhir : 31 Maret 2020 07:12:12 WIB