Universitas Gadjah Mada UM.UGM

. .


Prosedur Pendaftaran Program Doktor Semester Gasal TA 2020/2021


  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  4. NoDokumenFormat
    (1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
    (2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
    (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
    (4)

    Hasil tes potensi akademik sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:


    Ketentuan untuk tes potensi akademik sebagai berikut:
    1. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan masih berlaku, menunggah hasil pindai sertifikatnya;
    2. Pendaftar yang mempunyai sertifikat dan sudah kadaluwarsa, menunggah hasil pindai sertifikat yang dimiliki dan Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan (dijadikan 1 file dengan sertifikatnya);
    3. Pendaftar yang belum mempunyai sertifikat, mengunggah hasil pindai Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan bermaterai yang di isi dan di tanda tangan.

    Format Surat Pernyataan Kesediaan Memenuhi Persyaratan dapat diunduh di sini.


    *.pdf
    (5)

    Hasil tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini:

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    Ketentuan untuk tes kemampuan Bahasa Inggris sama dengan poin 4.

     

    *.pdf
    (6)

    Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah (tidak wajib).

    *.pdf
    (7) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (8) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
    (9) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, rencana setelah selesai kuliah, dan calon promotor yang sudah dihubungi (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (10) Dokumen Lain: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.  
    (11) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  5. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  6. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
  7. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Update terakhir : 31 Maret 2020 07:25:51 WIB