Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK khusus Sekolah Vokasi 2021

Jalur seleksi ini merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah. Siswa/siswi yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat), dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2020/2021 (lulus pada tahun 2021);
  3. Memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai semester 4 (empat);
  4. Diusulkan oleh Kepala Sekolah dan merupakan 25% siswa/siswi terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, atau 50% siswa/siswi terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap pendaftar;
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi khusus pada Program Sarjana Terapan (D4) Sekolah Vokasi, urutan pilihan menunjukkan prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp275.000,- sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh.
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 25 Mei 2021.

Perhatian !

Teliti ulang seluruh isian data, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran
Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas) untuk keperluan verifikasi dokumen:
No
Dokumen yang diunggah
Format
1
Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):
*.pdf
a. bagi siswa/siswi kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima);
b. bagi siswa/siswi SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh);
c. bagi siswa/siswi kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).
2
Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk masing-masing pendaftar (unduh format surat);
*.pdf
3
Surat Kesanggupan Pembiayaan (unduh format surat);
*.pdf
4
Surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi.
*.pdf
 
Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Pengumuman
21 April—3 Mei 2021
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
25 Mei 2021
Informasi apa yang dapat kami bantu?